Saturday, September 15, 2012

Pulau Harapan , Pulau Kayuangin Bira , Pulau Bulat , Pulau Kotok , Pulau Kelapa Dua

Beralih ke Kepulauan Seribu lg, kali ini gw akan ngunjungin salah satu pulau yg jaraknya cukup jauh, yaitu Pulau Harapan.

Keberangkatan di mulai dari Pelabuhan Muara Angke, dari sini keberangkatan di mulai jam 7 pagi, dengan rute Pulau Harapan, gw berangkat bersama temen" gw dengan mengambil paket tour 3 hari 2 malam. Perjalanan cukup membosankan karena memakan waktu cukup lama, waktu yg diperlukan untuk sampe ke Pulau Harapan itu kira" 3-4 jam. Selama 3-4 jam itu, gw dan temen" habisin waktu dengan main catur, dan lumayan juga buat hilangin kejenuhan.



4 Jam berlalu akhirnya sampe jg di Pulau Harapan, dan uda jam 11 siang, ga ada yg menarik di pulau ini, karena penuh dengan pemukiman warga, tapi air lautnya jernih banget, sampai bs liat kedasar laut. Untuk Pulau Harapan ini sebenernya kita manfaatkan untuk home stay aja, tujuan pulau sebenernya ada disekitar Pulau Harapan. Hari pertama setelah naroh barang di home stay, gw dan temen" langsung prepare buat mulai trip kita, dan dimulai dengan Pulau Kayuangin Bira. Dan dari Pulau Harapan kita berangkat jam 12.30, dan waktu yg disebutkan untuk sampai ke Pulau Bira ini 1 jam.

Sebelum ke Pulau Bira kita sempatin diri buat snorkeling dibeberapa spot untuk snorkeling, dan view underwaternya bagus banget, ekosistem lautnya masi alami. Banyak ikan laut dengan warna yg mencolok dan bentuk yg bermacam", dan karang hidupnya jg bervariasi dan berwarna warni.



Jam 3 siang sampe jg di Pulau Kayuangin Bira, pemandangan pantai sangat menarik, hamparan pasir pantai alami dengan air laut yg jernih. Suasana yg sangat alami jd daya tarik utama Pulau Kayuangin Bira ini.




Setelah puas bermain di Pulau Kayuangin Bira, kita memutuskan melanjutkan perjalanan ke pulau selanjutnya yaitu Pulau Bulat, perjalanan ke Pulau Bulat memakan waktu 1 jam.

Pulau Bulat, pulau yg cukup menarik, adanya jembatan dermaga kayu dan air laut yg bersih dan jernih, disertai suasana yg tenang kian membuat pulau ini makin terlihat eksotis, tapi jujur agak menyeramkan jg hehe.




Perjalanan hari pertama berjalan dengan baik. dan kembali ke home stay di Pulau Harapan, di Pulau Harapan gw sempet nikmatin sunset. Saatnya beristirahat untuk persiapan fisik buat perjalanan besok.



Besok pagi perjalanan dimulai kembali, tujuan perjalanan hari kedua itu ada Pulau Kotok dan Pulau Kelapa Dua.

Perjalanan dimulai pagi jam 8 pagi, cuaca lg cerah dan mendukung banget. Tujuan pertama pagi ini Pulau Kotok, perjalanan untuk mencapai Pulau Kotok kira" memakan waktu 1 1/2 jam.

Kedengerannya sih aneh, Pulau Kotok hahaha.



Sampai lah ditujuan pertama yaitu Pulau Kotok. Pulau Kotok ini ternyata mempunyai penangkaran elang, dengan berbagai macam jenis elang. Cukup menyenangkan bs melihat dr dekat elang, dan salah satunya dikategorikan terancam punah yaitu Elang Jawa. Jangan mengharapkan pantai indah disini, karena ga ada yg menarik.



  

Setelah selesai melihat" di Pulau Kotok, kami pun melanjutkan perjalanan lg, dan tujuan kami berikutnya yaitu Pulau Kelapa Dua. Perjalanan dari Pulau Kotok ke Pulau Kelapa Dua memakan waktu cukup lama,sekitar 1 1/2 jam.

Pulau Kelapa Dua, pulau ini hanya berpemandangkan pemukiman warga. Daya tarik pulau hanya pada adanya penangkaran penyu di pulau ini. Keberadaan penyu sangat dikhawatirkan tiap tahunnya, dan terancam punah.




Kesadaran untuk menjaga dan melestarikan alam menjadi satu pelajaran berharga yg gw dapat dari perjalanan gw kali ini. Hamparan karang serta ekosistem yg indah, dan adanya beberapa species hewan yg dikategorikan terancam punah, memberi kesadaran kita untuk menjaganya.

Setelah perjalanan ke Pulau Kelapa Dua, kami kembali ke home stay untuk beristirahat dan bersiap" untuk perjalanan pulang besoknya.

Perjalanan kali ini mengajarkan kesadaran untuk lebih menjaga ekosistem yg ada agar selalu terawat dan selalu terlihat indah.

No comments: