Saturday, June 23, 2012

Asri serta alaminya Curug Nangka dan Curug Kawung

Curug yg berarti air terjun, Curug Nangka salah satu air terjun yg ada didaerah kota Bogor, lokasinya ga gtu jauh dari kota bogor, kira2 waktu tempuh 1 jam, lokasinya ada di Desa Warung Loa, Kecamatan Taman Sari, Bogor.

Start awal gw berangkat dari Jakarta, gw pilih Stasiun Manggarai buat keberangkatan, gw naik kereta kelas bisnis tujuan Jakarta-Bogor, buat tiket seharga Rp.8.000,- (ga tau deh sekarang berapa). Buat yg bawa kendaraan bermotor ada penitipan sepeda motor jg didepan stasiun.

Di jadwal sih keberangkatan kereta jam 09.30, tapi biasalah budaya delay, dan gw berangkat jam 10.15 dr stasiun,

Ok, here we go Stasiun Bogor, setelah gw perhitungkan lama perjalanan 1 jam 10 menit, sekarang uda jam 11.30, dan inilah Stasiun Bogor, dan tempat pertama yg wajib gw kunjungin duluan itu Toilet Umum hahaha.

Keluar dari Stasiun Bogor, banyak sekali kendaraan umum dengan macam" jurusan, dan tujuan awal kita ke arah BTM a.k.a Bogor Trade Mall yg letaknya persis berseberangan sama Kebun Raya Bogor, dan untuk kesana kita naik angkutan umum dengan nomor trayek 02 arah BTM. Perjalanan dari Stasiun Bogor sampai BTM kira" 45 menit, sebenernya ga jauh sih, cuma biasalah sisupir kejar omset jd ngetem dulu, ongkosnya Rp.4.000,-.Sampai di BTM ada pertigaan besar, kita turun dideket gerbang Kebun Raya Bogor, terus nyebrang kearah pasar, lanjut naik angkutan umum 03 jurusan Bogor-Ciapus. dr Bogor perjalanan kira" 30 menit, ongkosnya Rp.5.000,-.

Sampai dipertigaan ada plank arah kiri ke Curug Nangka dan kanan ke Curug Luhur, disana kita berhenti. Tapi perjalanan ga sampai situ aja, buat dr depan jalan utama ke Curug Nangka masi jauh, disarankan ga nekat jalan kaki, karena masi berjarak kira" 1,5 KM. Waktu itu gw pilih untuk pakai jasa ojek motor yg uda tersedia dilangsung ditempat pemberhentian angkutan umum, ongkosnya lumayan mahal sih Rp.15.000,-, tp lebih baik daripada harus berjalan kaki.

Sampai digerbang masuk wisata Curug Nangka kita cukup bayar Rp.2.000,- , setelah itu ada banyak warung makanan dan minuman didepan pintu masuk wisata dan ga terasa uda jam 1 siang.

Perjalanan buat menuju Curug Nangka ga terlalu cape, pemandangan sepanjang perjalanan juga masi alami dan indah, ditambah lagi adanya monyet liar disepanjang perjalanan, dan itu catatan agar jangan sembarang meletakkan barang bawaan, apalagi klo berisi makanan.

Suasana yg masi alami menjadi nilai tambah untuk pariwisata Curug Nangka ini, ditambah lagi dengan pemandangan indah yg diberikan berupa hamparan pepohonan hijau dan aliran air yg jernih.

Ini dia destinasi kita

Curug Nangka

Kita perlu berjalan kira" 30 menit untuk sampai ke lokasi air terjun ini, tapi semua ga akan sia" setelah sampai.
Aliran air yg ga terlalu deras dan kolam yg dangkal memungkinkan untuk kita nikmatin hempasan air dibawah air terjun ini dan berendam.

Gak puas cuma dengan Curug Nangka, ga jauh dr Curug Nangka masi ada satu air terjun lagi ya itu Curug Kawung, tapi perjalanan untuk mencapai Curug Kawung cukup melelahkan dengan waktu tempuh kira" 45 menit dan rute yg melelahkan. Tapi sepanjang perjalanan menuju Curug Kawung akan banyak menemukan kolam kecil dan air terjun kecil yg cukup indah, serta aliran sungai yg jernih.

Di perjalanan menuju Curug Kawang ternyata ada spot untuk lompat, ketinggian untuk lompatan cukup tinggi, kira" 7 meter, dan gw coba beraniin diri buat lompat, dan berhasi diabadikan dengan sempurna hahaha.

Dan inilah Curug Kawung, sama seperti Curug Nangka, aliran air yg tidak terlalu deras dan kolam dangkal, memungkinkan untuk bermain disekitar air terjun, tapi berhati" dengan permukaan batu yg licin karena lapisan lumut.

Setelah puas main" diair terjun dan waktu uda menunjukkan jam 16.30, gw memutuskan untuk mengakhiri perjalanan dan kembali. Sedikit catatan dari gw, *bawa pakaian ganti dan handuk.

Jalur untuk kembali ke Jakarta sama dengan jalur yg kita ambil waktu berangkat, tapi dalam keadaan yg bener" uda cape banget, maklum energi uda terkuras buat tracking. Untuk kendaraan umum di Bogor masi beroperasi diatas jam 8 malam, dan untuk kereta bahkan ada yg beroperasi diatas jam 9 malam, jadi masi ada waktu untuk kuliner malam di Kota Bogor.