Sunday, September 9, 2012

Kawah Putih , kawah negeri parahyangan

Hallo, I'm back, of course with another journey.

Tempat ini salah satu keindahan alam yg memukau, dan saking indahnya sering dijadikan latar belakang untuk foto pre wedding. Kawah Putih, ini tempat yg menjadi destinasi kita kali ini.

Lokasi Kawah Putih terletak di Jalan Raya Soreang KM 25 Desa Ciwidey, buat ketempat ini bisa ditempuh pake kendaraan umum. Gw dari Jakarta gw putuskan berangkat ke Bandung dulu naik bus jurusan Pulo Gadung-Leuwi Panjang dengan kelas eksekutif seharga 45rb untuk tiap orgnya, gw berangkat dr Jakarta jam 9 pagi, dan lama perjalanan kira" 3-4 jam.

Setelah sampai di Terminal Leuwi Panjang jam 12.30, gw cari kendaraan jurusan Ciwidey, setelah nanya kanan kiri akhirnya dapet juga, jurusan Ciwidey dengan model angkutan kayak mobil travel ELF. Lama perjalanan sebelum sampai di Terminal Ciwidey sekitar 2 Jam dengan biaya 15rb per orang. Setelah sampai di Terminal Ciwidey gw sempetin makan siang dulu, dan gw kembali lanjutin perjalanan, karena takut waktu ga cukup. Dari Terminal Ciwidey kita lanjut lagi naik angkutan jurusan Ciwidey-Situ Patenggang. Dari Terminal Ciwidey untuk sampai ke Kawah Putih uda ga jauh lg, kira" 45 menit lg waktu perjalanannya dengan biaya 5rb tiap orgnya.

Dan sampai lah gw didepan gerbang wisata Kawah Putih, ternyata perjuangan belum berakhir, dr gerbang kita harus menempuh kira" 1 KM lg untuk sampai ke Kawah Putih. Tapi jangan khawatir ternyata pengelola wisata uda nyiapin shutlle car, cukup membayar 10rb tiap org dan untuk biaya masuk wisata 15rb

Setelah sampai banyak org menjual masker, sambil ngomong "bau belerang mas", dan waktu uda nunjukin jam 15.45.

Akhirnya sampai lah gw di Kawah Putih.
Dan hal pertama yg keluar dr mulut gw "Oh My God", kawah berwarna biru dengan kepulan asap diatasnya, ditambah lg dengan batuan sulfur dan ranting dan pepohonan kering, pemandangan yg indah banget.





Pantes aja lokasi ini sering dijadiin background untuk foto pre wedding, selain keindahan kawah yg diberikan, ternyata ada sejarah mengenai adanya tambang belerang bekas peninggalan Belanda, tapi tambang tersebut uda ditutup karena suka mengeluarkan gas beracun. Disekitar Kawah Putih ini banyak jasa foto jadi, dengan tarif 20rb perlembar foto. Tempat yang bagus buat yg suka foto" hahaha.






Ok sepertinya waktu bernarsis ria uda cukup, langit jg mulai gelap, dan gw harus memikirkan waktu untuk kembali ke Jakarta, dan ga terasa uda jam 5 sore. Catatan penting untuk teman", kendaraan umum arah ke Terminal Ciwidey sangat jarang beroperasi bila sudah malam, dan Terminal Ciwidey juga sepi bila sudah diatas jam 6 sore, sebaiknya jangan terlalu malam untuk perjalanan pulang.

No comments: