Friday, December 23, 2011

Jembatan Cinta icon Pulau Tidung

Buat sebagian besar orang Jakarta mungkin mendengar kata Kepulauan Seribu ga akan asing lg, kali ini gw akan share waktu gw travel ke salah satu pulau di Kepulauan Seribu, dan mungkin uda banyak yg denger soal pulau ini, soalnya uda banyak paket wisata ke pulau ini.

Pulau yg gw maksud itu ialah Pulau Tidung.

Ok trip gw kali ini start dr Pelabuhan Muara Angke, gw start dr sini soalnya dianterin temen sampe pelabuhan hahaha, jd ga usa susah payah naik kendaraan umum lg. Trip gw ke Pulau Tidung kali ini tanpa menggunakan paket wisata, jd serba sendiri semua.

Awal dr Pelabuhan Muara Angke kita berangkat dengan perahu nelayan, keberangkatan kapal nelayan jam 7 pagi. Banyak kapal nelayan disekitar pelabuhan dengan berbagai macam arah ke pulau lainnya. kita naik kapal arah Pulau Tidung, tarif sekali perjalanan ke Pulau Tidung seharga Rp.35.000,- , estimasi lama perjalanan ke Pulau Tidung rata" 2-3 jam, sepanjang perjalanan ke Pulau Tidung memang agak membosankan, pemandangan laut lepas, dan terkadang ada pulau kecil yg dilewati, angin laut yg meniup cuma bikin ngantuk aja.

Akhirnya sampai juga di Pulau Tidung, dan waktu nunjukin uda jam 10 pagi, sampai di pelabuhannya, hal pertama yg gw cari itu penginapan, dan sama sekali ga sulit buat nemuin penginapan, karena banyak sekali penginapan di pemukiman warga, dan harga pun bervariasi dr 100rb - 250rb tergantung fasilitas. Setelah nanya sana sini akhirnya gw nentuin pilihan penginapan dengan harga cuma 150rb permalam, dengan fasilitas AC dan sudah dapat makan siang dan malam.

Setelah dapet penginapan, sempetin buat makan siang dulu sebelum muter2 pulau, kebetulan penginapan ini jg ada fasilitas sepedanya jg, asik deh klo gtu hahaha.

Di Pulau Tidung ini ga ada pemandangan pantai yg memukau, yg gw lakuin cuma naik sepeda dan terus ngayuh pedal sepeda aja, sampai gw berhenti disatu spot yg menurut gw cukup menarik, yaitu Jembatan Cinta.

Inilah Jembatan Cinta
Salah satu tempat yang menjadi ciri khas dari Pulau Tidung, Jembatan kayu yg cukup panjang itu hubungin Pulau Tidung dengan anak pulaunya. Mitosnya sih klo sepasang kekasih lewatin jembatan itu sambil gandengan, cintanya bakal bertahan sampe tua.




Klo penilaian gw buat Pulau Tidung, lumayan sih buat hang out sama temen", banyak water sport di sini, terus bisa bersepeda keliling pulau, dan lagi untuk pemukiman warga sudah dilengkapi fasilitas kyak AC, jadi bs dibilang klo Pulau Tidung ini buat acara keluarga atau temen" seru jg.

Tapi dr pulau Tidung ini jgn harapin pemandangan pantai yg indah, karena dr segi kebersihan agak kurang, terus klo kita snorkeling, untuk pemandangan karang dan ikan laut yg ada jg agak kurang, banyak hamparan karang mati.


Terus buat yg suka macu adrenaline, di Pulau Tidung ini ada spot melompat yg cukup tinggi, dr atas Jembatan Cinta, ketinggiannya kira" 7 meter, buat kegiatan ini disarankan buat yg bisa berenang. Disini gw coba lompat, jujur sih agak" takut, tinggi banget. Setelah melompat kita bakal masuk agak dalam dr permukaan air, dan kita perlu berenang keatas lg. Gw jamin seru banget !!!!, setelah naklukin rasa takut kita hahaha.






Waktu gw dihabisin disekitar Jembatan Cinta aja. Snorkeling, kano, terus banana boat, ya itu aja aktifitasnya di Pulau Tidung ini sampai menjelang malam, Tarif untuk banana boat 40rb per orang, kano 30rb per kano, dan Snorkeling 30rb untuk alat snorkelingnya. Malamnya ternyata pemilik penginapannya ajakin buat manggang ikan. Habisin waktu semaleman manggang ikan sambil ngobrol, dan rasa ikanya terasa manis meskipun bumbunya sederhana.


Besok paginya gw bersiap buat pulang kembali ke Jakarta, keberangkatan kapal jam 10 siang dr Pulau Tidung.

No comments: