Saturday, July 20, 2013

Yogyakarta kota terkepung wisata

Hi..., uda lama banget ga ngeblog nih, kira" uda ada setahun sejak cerita perjalanan gw di Medan. Faktor males buat ngetik jadi alasan utama gw lama ga update perjalanan gw.
But now I'am back, kyak banyak yg nunggu cerita gw aja hahaha

Ok kali ini gw bakal cerita perjalanan gw ke kota pelajar yaitu Daerah Istimewa Yogyakarta. Selain itu gw juga bakal ulas beberapa tempat keren disekitar Yogyakarta
Gw berangkat ke Yogyakarta dr Jakarta, gw naik bus dr Terminal Pulo Gadung. Perjalanan Jakarta ke Yogyakarta makan waktu 15 jam, serius perjalanannya bikin bete, lu bayangin aja 15 jam duduk di bus itu SENGSARA............., gw berangkat dr Jakarta jam 5 sore n sampe besok pagi jam 8. Gw rasa ga perlu gw ceritain isi perjalanan gw di bus yg cuma makan, minum, n tidur.
Waktu perjalanan ke arah Yogyakarta gw berhenti dulu di Magelang, karena gw mau menuju salah satu candi terbesar di Indonesia.

Ok, inilah candi terbesar di Indonesia yaitu Candi Borobudur. Sampe ditempat ini gw yakin lu bakal kagum n bingung gimana cara orang dulu buat candi ini dengan keterbatasan alat n teknologi. Candi ini ga cuma sekedar bangunan aja tp ada cerita mengenai proses Sidharta Gaotama sampai menjadi Buddha yg diukir di setiap dinding candi. Candi ini bener" amazing buat gw.

Uda puas muterin Candi Borobudur, gw lanjutin perjalanan gw lg ke Yogyakarta, gw naik angkutan umum lg ke arah Yogyakarta. sampe di Yogyakarta gw kaget tau klo Yogyakarta uda punya sarana bus dalam kota kyak buswaynya Jakarta. Gw naik bus sampe Malioboro dan ga jauh ada Stasiun Tugu yaitu stasiun kereta. Sampe Malioboro uda jam 2 sore, gw cari hotel dulu, buat kalian yang mau cari tempat nginap, di deket Malioboro banyak banget penginapan murah seperti yang gw dapetin, cuma 150k permalem dan uda ada AC. Selain itu gw jg sewa sepeda motor, 50rb perhari n dapet motor matic (inget pilih helm sambil diendus" bau ato engga haha).
Setelah dapet motor, gw langsung menuju Keraton Yogyakarta, sayangnya pas gw sampe keraton lg ga dibuka, jd gw foto" diluar keraton aja

Malem di Yogyakarta gw langsung ke daerah alun alun yg katanya banyak jajanan n permainan. Dialun" ada 2 pohon beringin yang mitosnya klo bs jalan lewatin diantara 2 pohon beringin permohonan lu nanti dikabulkan, terus yang ga kalah heboh banyak sepeda n becak yang dihias lampu kelap kelip n lu bisa sewa buat keliling alun" hehe.

Hari kedua gw di Yogyakarta dan gw uda buat rencana ke daerah Gunung Kidul, dr Yogyakarta gw naik motor sekitar 2 jam. Destinasi pertama gw ke air terjun yg cukup terkenal dikalangan traveller.

Curug Sri Gethuk, fasilitas di lokasi wisata Curug Sri Gethuk ini cukup lengkap, untuk menuju ke Curug ini kita dapat menggunakan kapal penyeberangan yang uda disediain, jadi kita nelusurin sungai dulu sebelum sampai di Curug Sri Gethuk. Bentuk unik curug ini menjadi daya tarik tersendiri, ditambah dengan fasilitas mendukung yang tersedia.

Dari Curug Sri Gethuk gw lanjutin perjalanan lagi, kali ini gw berencana ke pantai yang ada disepanjang pesisir Gunung Kidul. Perjalanan gw di temenin sama matahari jd lumayanlah naik motor sambil berjemur.
Diperjalanan gw berhenti sebentar karena gw liat ada penunjuk jalan yg tulisannya Goa Maria Tritis , mampir dulu deh hehe.

Goa Maria Tritis , tempat ini sih keren banget, goa alami yang dijadiin tempat buat ibadah umat katolik setempat. Goa Maria Tritis ini sejuk banget, lu bakal temuin banyak stalagtit n stalagmit disekeliling gua, beberapa stalagtit masi meneteskan air. Tempat ini ditumbuhin banyak pohon besar n rindang, recommended for you who want to travel around Yogyakarta.

Abis puas nikmatin indahnya Goa Maria Tritis , gw lanjutin perjalanan lagi ke arah pesisir pantai Gunung Kidul. Orang awam ketika ditanya soal pantai di Yogyakarta, mereka langsung menyebutkan nama Pantai Parangtritis, padahal masi banyak pantai unik tersebar disepanjang pesisir Gunung Kidul. Pantai pertama yg gw kunjungin itu Pantai Baron

Pantai Baron, keunikan pantai ini ada muara air yang mengalir langsung ke air laut, terus membentuk aliran air tawar diatas pasir laut. Pola aliran air tawar yang mengalir melingkari sebuah tebing jadi pemandangan yang menarik.

Setelah gw dari Pantai Baron , gw lanjutin perjalanan lagi ke pantai selanjutnya yaitu Pantai Kukup . Jarak tiap pantai saling berdekatan, misalnya dr Pantai Baron ke Pantai Kukup cuma 20 menit.

Pantai Kukup, mungkin lu suka dengar nama Tanah Lot di Bali, dan inilah Tanah Lot versi Yogyakarta. Ada satu tebing yang lu bisa naikin di Pantai Kukup ini, uda ada akses tangga yang dibuat dan uda tersedia gazebo diatas tebing. Diatas tebing lu bs duduk santai di gazebo sambil nikmatin gugusan tebing sepanjang pantai. Pemandangan yg ga terlupakan.

Perjalanan gw berakhir di Pantai Kukup ini, dari sini gw langsung kembali ke Yogyakarta siap" untuk perjalanan pulang. Gw sempetin buat beli Bakpia Pathok yang terkenal itu. Gw naik bus kembali ke Jakarta.

Trip gw kali ini nguras tenaga banget, awal sampe langsung ke Candi Borobudur n Keraton Yogyakarta, hari kedua dari pagi sampe sore muterin daerah" Gunung Kidul, tp gw puas dengan hasil perjalanan gw.