Saturday, February 22, 2014

Kesan tak terlupakan di Sukabumi

Perjalanan gw kali ini ke daerah Sukabumi, ga terlalu jauh dari Jakarta.
Gw mengunjungi Sukabumi untuk ke beberapa tujuan wisata, tapi bukan ada di Sukabumi loh, karena dari Sukabumi perjalanannya masi panjang. Perjalanan dari Jakarta itu sekitar 3-4 jam ke Sukabumi, setelah sampai di Sukabumi gw lanjut naik elf arah Ujung Genteng 7-8 jam, silakan lu bayangin deh perjalanan gw. Sampe di Ujung Genteng gw musti lanjut naek ojek sambil hujan"an ke daerah Pantai Cibuaya karena disana banyak penginapan. Waktu uda jam 5 sore jadi setelah gw dapet penginapan seharga 150rb disana, gw memilih buat istirahat tiduran jadi gw bisa simpen energi buat kegiatan gw nanti malem (bingung kan gw mau ngapain ?).

Setelah gw puas tidur gw bangun jam 11 malem sesuai ama alarm yang uda gw set. Nah sekarang gw jelasin tujuan gw bangun tengah malem gini, gw kesini buat liat penyu bertelur. Semangat gw uda menggebu" buat bisa liat penyu bertelur dari deket. Kenyataan berkata sebaliknya, ga ada penyu yg bertelur dimalem gw nunggu, sampe jam 2 malem gw nunggu dan gw KESELLLL..................
Besok pagi gw bangun jam 6 pagi, terus gw jalan nelusurin sepanjang pesisir Pantai Cibuaya sambil ngegalau karena kemaren malem gw ga nemuin penyu bertelur (lebay haha).

Pantai Cibuaya ini bisa dibilang biasa aja, tapi pantai ini terbilang masi alami banget, bersih dari sampah dan banyak binatang laut unik yang bisa lu temuin di pesisir Pantai Cibuaya . Dimuara sungai deket pantai ini, ada mitos bahwa sering keliatan buaya besar muncul, dan itu jadi alasan kenapa nama pantai ini Pantai Cibuaya.

Puas bermain di Pantai Cibuaya, gw sempetin untuk mampir di Pantai Pangumbahan , pantai ini fungsinya sebagai tempat penyu bertelur dan dijaga ketat untuk menghindari pencurian telur penyu.

Pantai Pangumbahan , tempat ini salah satu konservasi penyu di Indonesia. Tempat ini lumayan lengkap untuk fasilitasnya, ada area penetasan telur penyu secara alami yang luas. Kalau ingin melepas anak penyu jg bisa disini. Pantai Pangumbahan ini dijaga ketat dan diberi pagar pembatas.

Jarak dari Pantai Cibuaya ke Pantai Pangumbahan cuma makan waktu 20 menit, jd ga terlalu jauh. Gw bersiap buat lanjutin perjalanan gw selanjutnya yaitu Pantai Amanda Ratu.

Pantai Amanda Ratu, disini lu ga akan nemuin pantai, tapi jangan khawatir karena pemandangan disini memukau banget. Pemandangan tebing sejauh mata memandang, dan ada satu batu yang terletak ditengah" laut. Sebenernya Pantai Amanda Ratu ini sebuah resort, sayangnya resort ini ga terkelola dengan baik dan jd kurang bagus.

Selesai dari Pantai Amanda Ratu , gw harus kembali ke perjalanan gw lagi, masi ada 2 tempat yang mesti gw kunjungin yaitu Curug Cikaso n Curug Cigangsa . Kedua air terjun ini sebenernya saling berdekatan, jadi ga akan makan waktu banyak diperjalanan. Dari Pantai Amanda Ratu ke Curug Cikaso cuma 30 menit by ojek.

Curug Cikaso , ini salah satu curug favorit gw. Curug ini juga uda dikelola cukup baik karena uda ada fasilitas penunjang seperti kapal yang bs anter kita lgsg ke curug, tapi klo lu mau jalan jg bisa, jd bs sambil nikmatin hamparan sawah (like I do). Dideket Curug Cikaso ada gazebo buat duduk sambil mandangin curugnya. Gw rasa ini bisa jadi saingannya Curug Malela hehe.

Uda puas main di Curug Cikaso gw lanjutin perjalanan ke Curug Cigangsa , jadi pesta curug haha. Seperti yang gw bilang jarak Curug Cikaso ke Curug Cigangsa ga jauh, kurang lebih 20 menit. Tapi perjalanan ke Curug Cigangsa butuh energi ekstra, lu perlu treking selama kurang lebih 45 menit dan jalur trekingnya cukup berat a.k.a nyiksa.

Sampailah gw di Curug Cigangsa , tempat ini sih lumayan oke, cuma gw ngerasa suasananya agak creepy disini. Curug ini pas gw sampe ga terlalu deras aliran airnya, kata ojek yang nganter gw itu karena lg musim kemarau, tapi itu ga ngurangin pesona curugnya. Pokoknya ok deh ini Curug Cigangsa.

Selesai bernarsis di Curug Cigangsa gw treking kembali ke pintu masuk, pergi biasa aja tapi pas pulang berasa banget pegel di kaki, soalnya jalur trekingnya menanjak pas pulang.
Capenya uda ga bs dijelaskan deh disini. Ga terasa uda agak sore, gw harus cari kendaraaan pulang ke Jakarta. So this is my unforgettable moment at Sukabumi , see ya .