Saturday, August 23, 2014

Keindahan di Ujung Pulau Jawa

Hi.... , gw akan share cerita perjalanan gw lg nih, trip gw kali ini ga jauh" dari Pulau Jawa tapi agak sedikit jauh dari Jakarta. Tempat yang akan gw tuju ini berada di ujung barat Pulau Jawa, dan dr hasil gw browsing tempat ini ok banget. Kebetulan salah satu temen gw ada open trip ketempat ini n gw langsung join.

Start keberangkatan di mulai dr grogol, disana uda ada bis yang uda siap utk berangkat. Keberangkatan jam 7 malam dr Jakarta ke arah Pandeglang n dilanjutin lg perjalanan ke arah Desa Sumur. Setelah sampe Desa Sumur harus lanjut naik kapal ke tempat yg mau gw tuju ini. Perjalanan dengan kapal nelayan ini kira" 4 jam, dan untungnya kapal yg kita tumpangin ini nyaman.

Setelah 4 jam perjalanan laut, sampai lah di Taman Nasional Ujung Kulon. Tempat ini terkenal dengan konservasi Badak Cula Satu , disini lu akan nemuin satwa" liar di habitatnya langsung kyak banteng, monyet, merak, rusa, dan klo lu beruntung bs liat badaknya.

Pertama kali sampai di dermaga Pulau Peucang, rasanya mau cepet drop barang" bawaan n secepat mungkin main ke pantai. Pantai di Pulau Peucang ini indah banget, pasir pantainya putih n halus terus ditambah gradasi warna air lautnya jadi tambah ok ini pantai.

Gw jg ada sempetin snorkeling disini, karangnya lumayan bagus n banyak ikan jg, nih gw kasi beberapa pic.

Selain pantainya yg mempesona, disini lu juga bakal nemuin banyak monyet disekeliling pulau, so lu harus hati" sama makanan bawaan lu. Setelah puas maen dipantai, kita harus siap" buat lanjutin perjalanan sesuai jadwal trip. Selesai prepare buat perjalanan, terus gw keluar dari cottage, dan di depan cottage tiba" ada babi hutan yg mayan gede, gw ambil kesempatan buat foto" deh haha.

Habis selfie sama babi hutan, gw n rombongan siap berangkat ke Tanjung Layar , utk ke Tanjung Layar ini butuh waktu waktu kurang lebih 1 1/2 jam dr dermaga Pulau Peucang.

Tibalah di Tanjung Layar , susunan tebing yang tinggi keliatan keren banget, warna tebing dominasi warna hitam n keabu"an, dan klo lu mau sedikit cape mau manjat keatas, lu akan nemuin beberapa spot utk lu berfoto yg ok.

Selesai dari Tanjung Layar kita lanjutin perjalanan lagi sekitar 30 menit menuju ke Padang Rumput Cidaon.

Padang Rumput Cidaon, di tempat ini lu bakal temuin padang rumput yang luas banget di tambah lg pohon" yg tinggi n rindang. Padang Rumput Cidaon ini jadi spot buat liat banteng berkumpul, disini lu bisa liat banteng di habitat aslinya dari jarak jauh.

Kita di Padang Rumput Cidaon sampe sore, jadi sekalian sunset di sini.

Malam di Pulau Peucang juga ga kalah serunya loh, di depan cottage tempat gw menginap lu bakal nemuin banyak banget rusa n babi hutan, jadi berasa kyak safari malam.

Saatnya tidur, siapin tenaga buat kegiatan besok. Anyway cottage yg gw tempatin nyaman loh, bersih n terawat, gw ada foto kamar tidurnya nih. Untuk penginapan ok jg lah, jd gw bs tidur nyenyak.

Besok paginya gw maen sama monyet" yg banyak banget disekitar cottage gw tidur, karena monyet disini masi liar, ga disarankan buat lu pegang kecuali lu ada kemampuan komunikasi ama itu monyet haha.

Jadwal trip pagi ini treking ke arah Karang Copong , dari cottage buat menuju Karang Copong butuh waktu sekitar 1-2 jam perjalanan, lumayan cape jg sih tp disepanjang perjalanan lu akan terasa kyak jalan dihutan purba (semoga ga ada T-rex haha), pohon"nya tinggi n akarnya besar, beginilah klo kawasan konservasi, ekosistemnya terjaga dan juga alami. Selain itu disepanjang jalur treking lu bs nemuin rusa di habitat aslinya. Note aja nih jalur trekingnya mayan berat, di beberapa spot lu harus agak mendaki (bawa sendal gunung).

Sampelah di Karang Copong , beberapa orang seperti biasa menyamakan dengan ini dengan Tanah Lot di Bali (emangnya cuma di Bali doang yang ada batu gtu). Lu harus naik keatas bukit buat nikmatin view dr atas langsung ke Karang Copong , keren banget deh.

Karang Copong ini jadi tempat terakhir di trip gw kali ini, keberangkatan dr dermaga Pulau Peucang start dr jam 12 siang, terus sampe di dermaga Desa Sumur jam 4 sore, n langsung perjalanan balik  ke Jakarta. Setelah 8 jam perjalanan sampe di Jakarta jam 2 subuh, n I'am feel totally tired.

Selesailah cerita gw di Ujung Kulon , tempat ini recomended deh buat all traveller. See you in my next story, bye.